Wednesday, December 29, 2010

VoIP

Pengertian VoIP

Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).

Pada jaringan suara konvesional pesawat telepon langsung terhubung dengan PABX (Privat Automated Branch exchange) atau jika milik TELKOM terhubung langsung dengan STO (Sentral telepon Otomat) terdekat. Dalam STO ini ada daftar nomor-nomor telepon yang disusun secara bertingkat sesuai dengan daerah cakupannya. Jika dari pesawat telepon tersebut mau menghubungi rekan yang lain maka tuts pesawat telepon yang ditekan akan menginformasikan lokasi yang dituju melalui nada-nada DTMF, kemudian jaringan akan secara otomatis menghubungkan kedua titik tersebut.

Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai kartu suara yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain.

Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama untuk dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara. Jika kedua lokasi terhubung dengan jarak yang cukup jauh (antar kota, antar negara) maka bisa dilihat keuntungan dari segi biaya. Kedua pihak hanya cukup membayar biaya pulsa internet saja, yang biasanya akan lebih murah daripada biaya pulsa telepon sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) atau internasional (SLI).

Pada perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatan pun berkembang, tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain seperti pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum.

Khusus untuk VoIP bentuk primitif dari jaringan adalah PC ke PC. Dengan memakai PC yang ada soundcardnya dan terhubung dengan jaringan maka sudah bisa dilakukan kegiatan VoIP . Perkembangan berikutnya adalah pengabungan jaringan PABX dengan jaringan VoIP. Disini dibutuhkan VoIP gateway. Gambarannya adalah lawan bicara menggunakan komputer untuk menghubungi sebuah office yang mempunyai VoIP gateway. Pengembangan lebih jauh dari konfigurasi ini berbentuk penggabungan PABX antara dua lokasi dengan menggunakan jaringan VoIP. Tidak terlalu dipedulin bentuk jaringan selama memakai protocol TCP/IP maka kedua lokasi bisa saling berhubungan. Yang paling komplek adalah bentuk jaringan yang menggunakan semua kemungkinan yang ada dengan berbagai macam bentuk jaringan yang tersedia. Dibutuhkan sedikit tambahan keahlian untuk bentuk jaringan yang komplek seperti itu.

Pada awalnya bentuk jaringan adalah tertutup antar lokasi untuk penggunaan sendiri (Interm, Privat). Bentuk jaringan VoIP kemudian berkembang lebih komplek. Untuk penggunaan antar cabang pada komunikasi internal, VoIP digunakan sebagai penyambung antar PABX. Perkembangan selanjutnya adalah gabungan PABX tersebut tidak lagi menggunakan jaringan tertutup tetapi telah memakai internet sebagai bentuk komunikasi antara kantor tersebut. Tingkat lebih lanjut adalah penggabungan antar jaringan. Dengan segala perkembangannya maka saat ini telah dibuat tingkatan (hirarky) dari jaringan Voip.

Kualitas suara VoIP dipengaruhi oleh beberapa parameter yaitu kapasitas bandwidth, tingkat hilang paket dan waktu tunda yang terjadi di dalam jaringan. Kapasitas bandwidth adalah ketersediaan sumber daya jaringan dalam bentuk lebar pita yang digunakan untuk mentransmisikan data paket. Tingkat hilang paket adalah parameter yang menyatakan besarnya laju kesalahan yang terjadi sepanjang jalur pengiriman data paket dari pengirim ke penerima. Waktu tunda adalah parameter yang menyatakan rentang waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket dari pengirim ke penerima.

sumber : volkshymne

Tuesday, December 28, 2010

1 Januari 2011, mulai bebas fiskal ke luar negeri

Pemerintah akan membebaskan biaya fiskal luar negeri bagi seluruh warga Indonesia mulai 1 Januari 2010. Peraturan ini termasuk untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Ketentuan ini ditegaskan oleh Direktorat Jenderal Pajak melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-141/PJ/2010 tanggal 17 Desember 2010. "Ini akan dimulai tepat pukul 00.00 berdasarkan pada jam yang tertera saat boarding pass," kata Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak, Iqbal Alamsjah dalam keterangan tertulis, Selasa 28 Desember 2010.

Ketentuan tentang tidak dikenakannya kewajiban membayar fiskal diatur dalam Pasal 25 ayat (8a) Undang Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.

Sebelumnya, pada periode 1 Januari 2009 hingga 31 Desember 2010, bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang tidak memiliki NPWP dan telah berusia 21 tahun yang bertolak ke luar negeri wajib membayar fiskal. Fiskal itu sebesar Rp2,5 juta bagi yang menggunakan pesawat udara, dan Rp1 juta bagi yang menggunakan angkutan laut.

hore tidak usah mengurus/membuat npwp jika ingin ke luar negeri, hehehe

sumber:vivanews

Menurunkan Berat Badan - Losing Weight

Kelebihan berat badan tentu menimbulkan efek obesitas, umur pendek, dan beragam gangguan kesehatan, sehingga berbagai aktivitaspun ga bisa diikutin.
Efek lainnya, yg masih remaja pasti merasa risih dg kondisi agan sendiri, terlebih karena ga bisa ngikutin mode fashion dan tentunya rasa percaya diri terhadap lawan jenis sangat berkurang.

Anda mungkin bingung mencari solusi yang tepat.
ataukah diet (setengah mati)? atau sedot lemak?
semua adalah pilihan anda sendiri.

tapi ini ada sedikit solusi dari saya yang pernah berhasil menuntaskan 17kg.
1. Niat dan Motivasi yg kuat. kalo tanpa motivasi pasti niat anda ga bakal 100%, dan bakal gagal (dijamin!!)
2. Olahraga teratur. agan bisa olahraga di pusat kebugaran sperti Gym atau Jogging minimal 5km tiap pagi, siang, dan sore
3. Atur pola makan. makan ga perlu diStop! agan cukup meninggalkan makanan & minuman yg bersifat racun (Lemak, Mie Instan, Kolesterol, Alkohol), perbanyak sayur dan kurangi nasi 1/2 dari porsi sebelumnya (sebaiknya ganti dengan beras merah)
4. Jangan Ngemil. kalaupun mau ngemil, ganti cemilan dengan buah-buahan atau cemilan yg Low Fat
5. Perbanyak minum air mineral
6. Tidur yang cukup. jangan kelebihan dan jangan kekurangan.

tips diatas bukan sekedar teori, namun ini benar-benar pola yg saya lakukan demi mendapatkan berat badan ideal.

tapi semuanya tergantung niat & kemauan anda sendiri sih,, saya cuma bisa berbagi pengalaman.

===================================================================================
Being overweight is certainly cause effects of obesity, short life, and a variety of health problems, so that many can not do activities.
Other effects, people who are still teenagers would feel uncomfortable with condition itself, especially because it can not follow the fashion and of course the confidence of the opposite sex is greatly reduced.

You might be confused to find appropriate solutions.
or diet (half dead)? or liposuction?
there are your own choice.

but there are few solutions for me that succeeded in completing the 17kg.
1. Intention and Motivation forte. if no definite intention and the motivation is not going 100%, the program will failed (trust me!!)
2. Exercise regularly. You can exercise in the gym just as gym or jogging at least 5 km every morning, noon, and evening
3. Adjust your diet. You not to have stopped eating! just leave food and drinks which are toxic (Fat, Instant Noodles, Cholesterol, Alcohol), multiply the vegetables and less rice 1 / 2 from the previous portion (preferably replace it with brown rice)
4. Do not snacking. if want to snack, replace snacks with fruit or snacks Low Fat
5. Drink plenty of mineral water
6. Enough sleep. not to excess and do not lack.

tips above is not just theory, but this is "a distinguished pattern me do to get their ideal body weight.

but it all depends on the intention and willingness your own ,, I can only share my experiences.

http://www.kas*kus.us/showthread.php?t=6375284

Friday, December 24, 2010

Alamat Service Center Sony Ericsson bandung


Alamat : Jl. Naripan No. 109 Bandung Jawa Barat Kode Pos 40112
Nomor Telepon : (022) 426 4455

Alamat : Jl. Pasir Kaliki 154 Bandung Jawa Barat
Nomor Telepon : (022) 420 3963

Alamat : Bandung Electronic Center Lt. UG F15 Jl. Purnawarman No.13-15, Bandung Jawa Barat
Nomor Telepon : (022) 421 4951

Alamat : Bandung Electronic Center Lt. UG F21-22 Jl. Purnawarman No.13-14, Bandung Jawa Barat
Nomor Telepon : (022) 420 8207

Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No. 30 Dago, Bandung
Nomor Telepon : (022) 426 5185

Tuesday, December 21, 2010

Microsoft Security Essentials Offline Update


does anyone use this software for protecting computer from virus, etc?
for me, this is the best antivirus for windows 7. Because it's from microsoft.
to update manually, you can download this package and then just double click the file. it will update your MSE virus definitions.

* Update virus definition for MSE 32-bit:
http://download.microsoft.com/download/DefinitionUpdates/mpam-fe.exe
or
http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkID=87342
* Update virus definition for MSE 64-bit:
http://download.microsoft.com/download/DefinitionUpdates/mpam-fex64.exe
or
http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkID=87341


another best antivirus for windows 7

Monday, December 20, 2010

Review Nokia C2

Spesifikasi Nokia C2



Nokia C2-00


Dimensi

* Ukuran: 108 x 45 x 14,65 mm
* Berat (dengan baterai): 74,1 g

Product dimensions
Tampilan dan antarmuka pengguna

* Ukuran layar: 1,8"
* Resolusi: 128 x 160 piksel
* Hingga 65.000 warna

Tombol dan metode input

* Keypad TPU

Warna

* Warna yang tersedia:
o Abu-Abu Dinamis

Personalisasi

* Nada dering: mp3, AAC, WMA
* Tema:
o wallpaper
o screensaver
o nada dering
o tema pra-instal
o tema warna yang dapat diubah

Perangkat Keras


Memori

* Slot kartu memori microSD, dapat ditukar selagi dipakai, maks. 32 GB
* Memori internal: 64/16 RAM/flash

Frekuensi pengoperasian

* Dual band 900/1800 MHz

Jaringan data

* CSD
* HSCSD, kecepatan maksimal 43,2 kbps
* GPRS kelas A, multislot kelas 32, kecepatan maksimal 107/64,2 kbps (DL/UL)

Konektivitas

* Bluetooth versi 2.0 dengan Enhanced Data Rate
* USB 2.0 berkecepatan tinggi (konektor micro USB)
* Konektor AV 3,5 mm

Perangkat lunak dan aplikasi


Platform perangkat lunak & antarmuka pengguna

* S40

Aplikasi

* Email (SMTP, IMAP4, POP3), SMS, editor serba guna
* Data: Kalender, Kontak, Agenda, Catatan, Email

Personal Information Management (PIM)

* Informasi kontak terperinci
* Kalender
* Daftar agenda
* Catatan
* Perekam
* Kalkulator
* Jam
* Konverter

Komunikasi


Email dan olahpesan

* Mendukung SMTP, IMAP4, POP3, MMS, dan SMS. Editor SMS.
* Nokia Messaging

Manajemen panggilan

* Kontak: database kontak dengan dukungan untuk ponsel dan detail email
* Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara
* Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab
* Kontak: hingga 500 entri
* Speaker handsfree terpadu

Berbagi dan Internet


Penjelajahan & Internet

* Opera Mini 4.0

Fotografi


Kamera

* Kamera VGA

Musik dan audio


* Nokia music player
* Format file pemutaran musik: .mp3, .wma, .aac, eAAC, eAAC+
* Steker headphone stereo 3,5 mm
* Dukungan Nokia Music Store
* Nada dering: mp3, aac, WMA
* Pemancar FM, frekuensi 88,1 - 107,9

Radio

* Radio FM stereo (87,5-108 MHz/76-90 MHz), RDS
* Fitur perekaman radio

Permainan


Permainan

* Permainan telah disertakan

Fitur lingkungan


Hemat energi

* Modus Hemat Daya

Isi kemasan


Paket Penjualan Standar

* Nokia C2-00
* Nokia Battery BL-5C
* Nokia Stereo Headset WH-102
* Nokia Compact Charger AC-3 (AC-8C di negara-negara terpilih)
* Panduan pengguna

Aksesori


Aksesori yang disarankan

* Nokia 16 GB microSDHC Card MU-44
* Nokia Mini Speaker MD-9

Saturday, December 18, 2010

Materi 2 Wawasan Program (Tahapan pelaksanaan KKNM)

FREE SAMPLE MUSIC, JUST CLICK WHAT YOU WANT



TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN MAHASISWA
KKNM-PPMD INTEGRATIF UNIVERSITAS PADJADJARAN
PERIODE JANUARI-FEBRUARI 2011

A. Latar Belakang
Sebagaimana tema dari KKNM-PPMD Integratif, yaitu Belajar Bersama Masyarakat, pada dasarnya dalam KKNM-PPMD Integratif semua stakeholders yang terlibat, terutama dosen, mahasiswa, maupun masyarakat melakukan sebuah proses pembelajaran. Inti dari pembelajaran adalah bagaimana semua stakeholders dapat mempelajari kehidupan masyarakat sehingga dapat memahami kondisi yang sesungguhnya terdapat dalam masyarakat, baik potensi, masalah, maupun cara masyarakat mengatasi permasalahan yang terjadi dalam kehidupannya selama ini.

Proses memahami kondisi kehidupan masyarakat itu dilakukan melalui pemetaan sosial. Dalam pemetaan sosial, proses pengumpulan data dilakukan secara partisipatif. Masyarakat tidak hanya menjadi objek pengumpulan data, tetapi masyarakat merupakan subyek dalam pengumpulan data mengenai dirinya. Masyarakat akan menjadi sumber informasi yang sekaligus juga melakukan penelaahan terhadap informasi yang disampaikannya. Dengan proses yang seperti ini, informasi yang disampaikan oleh masyarakat tidak hanya akan berguna bagi mahasiswa, tetapi juga dapat berguna bagi masyarakat. Secara tidak langsung masyarakat akan memperoleh pemahaman tentang apa yang sedang terjadi dalam kehidupannya dan dapat menentukan tindakan yang perlu dilakukan untuk kepentingan dirinya secara kolektif.

Dalam kegiatan KKNM-PPMD Integratif, pemetaan sosial bukan hanya sekedar teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dan mempelajari kehidupan masyarakat, melainkan juga menjadi media bagi mahasiswa untuk dapat merasakan kehidupan masyarakat. Melalui pemetaan sosial, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung baik melalui pengamatan maupun terlibat langsung dalam berbagai aktivitas masyarakat sehari-hari. Keterlibatan ini akan memberikan impresi pada diri mahasiswa mengenai kehidupan masyarakat.

Dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), mahasiswa melakukan pengumpulan data, analisis data dan mendiskusikan informasi yang dihimpun mengenai kehidupan masyarakat; termasuk di dalamnya adalah memahami bagaimana masyarakat menggunakan kearifan lokal dan memelihara nilai-nilai luhur serta budaya untuk pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). Proses bimbingan ini penting, agar mahasiswa tidak salah dalam memahami kondisi masyarakat.

Pada saat yang sama dosen melaksanakan program pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pemecahan masalah. Pada saat itu mahasiswa belajar melakukan fasilitasi dalam pelaksanaan program pengabdian masyarakat bersama dosen. Pemecahan masalah menjadi output belajar yang harus dapat didokumentasikan. Setiap pembelajaran dari proses ini pula menjadi knowledge yang dikelola sebagai bank pengetahuan untuk dapat dipergunakan menjadi informasi yang berharga pada siklus berikutnya. Kehadiran mahasiswa bukan untuk menambah masalah bagi masyarakat maupun mahasiswa itu sendiri.


B. Dasar Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan
Untuk dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang diharapkan dalam KKNM-PPMD Integratif, mahasiswa perlu memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dibutuhkan agar kegiatan yang dilakukan dapat berjalan efektif. Pengetahuan, sikap, dan keterampilan itu akan diperoleh mahasiswa melalui kegiatan pembekalan yang diselenggarakan sebelum pelaksanaan lapangan. Namun, tidak seluruh pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dibutuhkan akan disampaikan dalam pembekalan, karena mahasiswa dapat memperolehnya dalam kegiatan perkuliahan maupun dari berbagai sumber lainnya.
1. Pengetahuan Dasar
a. Wawasan KKNM-PPMD integratif
b. Sosial kemasyarakatan
c. Peran pemerintah dalam pembangunan
d. Partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan
e. Gender dan pembangunan

2. Keterampilan dan Sikap
a. Kemampuan empati
b. Pendekatan sosial
c. Observasi dan wawancara
d. Pemetaan sosial
e. Identifikasi tokoh
f. Kajian kelembagaan
g. Analisis kehidupan masyarakat
h. Teknik brainstorming
i. Bekerja dalam kelompok
j. Pengorganisasian kegiatan
k. Pembuatan Blog

C. Tahapan Kegiatan

Tahapan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam kegiatan KKNM-PPMD Integratif adalah tahap pra lapangan, tahap lapangan, dan tahap pasca lapangan.

Tahap Pra Lapangan
1. Pembentukan kelompok dan penempatan mahasiswa (Plotting)
• Mahasiswa mengelompokkan diri ke dalam kelompok per desa.
• Mahasiswa diberikan kesempatan untuk memilih desa yang sudah ditentukan sebagai lokasi KKNM, untuk selanjutnya ditetapkan oleh Pusbang KKNM

2. Pembekalan KKNM
• Mengikuti pembekalan yang sudah dijadwalkan,
• Kehadiran pada pembekalan menjadi bagian dari rangkaian KKNM-PPMD Integratif karena akan dilakukan ujian pembekalan pada akhir masa pembekalan KKN.
• Pembekalan KKN mahasiswa terdiri dari:
1) Pembekalan dari Pusbang KKNM
o Pembekalan dari Pusbang KKNM berisi pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh mahasiswa peserta KKN, yang meliputi:
i. Wawasan KKNM-PPMD Integratif
ii. Wawasan Sosial Kemasyarakatan dan Pendekatan Sosial
iii. Wawasan Program (tahapan kegiatan mahasiswa)
o Pada akhir masa pembekalan oleh Pusbang KKNM mahasiswa harus mengikuti ujian pembekalan.

2) Pembekalan dari DPL
o Dalam pembekalan dari DPL, disampaikan:
 Informasi mengenai gambaran desa lokasi KKNM (hasil pemetaan sosial awal oleh DPL) dan
 Rencana program PKM dosen (termasuk jika ada perubahan dari proposal awal yang diajukan).
o Berdasarkan paparan dari DPL mengenai informasi gambaran desa dan rencana program PKM dosen, mahasiswa memperoleh gambaran keadaan desa dan aktivitas bersama masyarakat yang mungkin dilakukan serta sinergis dengan program PKM dosen


Tahap Lapangan
Sebagaimana telah disampaikan pada bagian awal bahwa pemetaan sosial ini bukan hanya sebagai alat untuk pengumpulan data, namun juga sebagai media untuk melakukan kegiatan pembelajaran di dalam masyarakat. Artinya, informasi yang dibutuhkan untuk pemetaan sosial akan dengan sendirinya dapat dihimpun ketika mahasiswa melakukan aktivitas keseharian bersama masyarakat.
Agar seluruh mahasiswa mendapatkan pengalaman yang relatif sama maka kelompok akan perlu melakukan pembagian lokasi untuk aktivitas yang sama diantara anggota kelompok; misalnya berdasarkan wilayah dusun. Sebagai acuan mengenai ruang lingkup data yang perlu dihimpun, mahasiswa dapat menggunakan instrumen pemetaan sosial yang sudah disiapkan. Aspek-aspek informasi dalam pemetaan sosial yang perlu dihimpun dapat dilengkapi sesuai dengan kondisi desa lokasi KKN.
Dalam rangkaian pelaksanaan KKN, mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan waktu yang ada untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu yang dapat dilakukan bersama masyarakat. Kegiatan ini juga akan dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses menghimpun informasi dari masyarakat serta belajar mengorganisasikan kegiatan bersama masyarakat.
Kegiatan dalam tahapan lapangan adalah:

1. Orientasi wilayah
• Memperkenalkan diri kepada aparat formal baik tingkat desa, dusun, RW, maupun RT serta menjelaskan rencana dan tujuan KKN beserta lingkup kegiatannya.
• Melakukan observasi lingkungan untuk mengidentifikasi kondisi sarana-prasana, tataguna lahan, pola pemukiman, dan aksesibilitas.
• Mempelajari berbagai informasi yang ada tentang kondisi kehidupan masyarakat di lokasi KKN berdasarkan informasi awal dari DPL ataupun dari potensi desa.
Sumber keterampilan: pendekatan sosial, observasi, wawancara

2. Orientasi Tata Pemerintahan Desa
• Mempelajari administrasi pemerintahan desa dan pelayanan pemerintah desa kepada warga masyarakat desa serta ikut serta dalam proses pelayanan tersebut.
• Mempelajari berbagai program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa dan tingkat pemerintahan diatasnya serta pencapainnya.
• Mempelajari kondisi demografis masyarakat desa sehingga dapat memperoleh gambaran kualitas sumberdaya manusia masyarakat desa.
• Informasi dapat diperoleh melalui berbagai data sekunder, wawancara, maupun pengamatan.
Sumber keterampilan: analisis data sekunder, wawancara

3. Orientasi Pranata Pemerintahan Desa dan Kepemimpinan
• Mempelajari kelembagaan pemerintahan desa secara formal, seperti LMD, LPM, dan kelembagaan lainnya yang mempengaruhi penyelenggaraan pemerintahan desa.
• Mengidentifikasi tokoh yang meliputi tokoh formal, informal, wanita, pemuda/pemudi, agama, adat, preman, petugas lapangan dari instansi-instasni tertentu, pendamping masyarakat dalam suatu proyek yang sudah/sedang berjalan, serta tokoh lainnya yang dipandang berpengaruh terhadap masyarakat.
• Informasi tokoh dapat diperoleh melalui komunikasi informal dengan warga masyarakat maupun dengan memperhatikan struktur sosial yang ada.
Sumber keterampilan: identifikasi tokoh, wawancara, observasi

4. Orientasi Aktivitas Ekonomi Masyarakat Desa
• Mahasiswa ikut terlibat bersama masyarakat dalam menjalankan aktivitas ekonominya. Misalnya, jika masyarakat desa tersebut bermata pencaharian sebagai petani, maka mahasiswa akan mengikuti kegiatan petani dalam mengelola lahan pertaniannya.
• Dalam mengikuti aktivitas ekonomi masyarakat, mahasiswa akan memperoleh pengalaman dan dapat mempelajari seluruh rangkaian kegiatan ekonomi masyarakat.

5. Orientasi Pranata Ekonomi Masyarakat Desa
• Mahasiswa mempelajari lembaga keuangan atau lembaga pereknomian serta lembaga lain yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan aktivitas mata pencaharian masyarakat. Seperti: pasar, perkreditan, perbankan, P3A, Poktan.
• Informasi pranata ekonomi dihimpun dari masyarakat secara partisipatif sehingga dapat menemukan gambaran mengenai pengaruh maupun dukungan lembaga-lembaga tersebut terhadap aktivitas mata pencaharian masyarakat.
6. Orientasi Pola Hidup Sehat Masyarakat
• Mahasiswa mempelajari pola hidup masyarakat dalam menjaga dan memelihara kesehatan diri dan lingkungannya. Melalui kehidupan sehari-hari, mahasiswa dapat merasakan kondisi lingkungan dan berbagai fasilitas yang dimiliki masyarakat.
• Mahasiswa mengidentifikasi daerah-daerah yang lingkunganya tidak sehat, kualitas hidup masyarakatnya, serta aspek kesehatan lainnya.

7. Orientasi Pranata Kesehatan (Puskesmas, Posyandu, Kader Kes, PLKB)
• Mahasiswa mengobservasi berbagai fasilitas kesehatan yang tersedia di desa seperti puskesmas, posyandu, pos pelayanan kesehatan, serta kader-kader kesehatan di desa. Melalui mereka, mahasiswa memperoleh gambaran kualitas kesehatan masyarakat serta aksesibilitasnya.
• Mahasiswa dapat melibatkan diri dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh, misalnya, pos yandu yang terdapat di setiap RW. Aktivitas kader kesehatan dapat tergambarkan pula melalui kegiatan posyandu ini.

8. Orientasi Aktivitas Kepemudaan
• Mahasiswa dapat memperoleh gambaran mengenai aktivitas keseharian para pemuda dengan cara mendekatkan diri kepada para pemuda. Dialog yang dilakukan secara luas dengan para pemuda dan keterlibatan dalam berbagai aktivitas pemuda memudahkan komunikasi dengan para pemuda.
• Kedekatan dengan para pemuda memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendalami kehidupan mereka dalam kaitannya dengan kondisi pemuda dan masyarakat, baik secara sosial maupun dalam akvitas ekonominya.

9. Orientasi Pranata Kepemudaan (Karang Taruna, Kegiatan Produktif)
• Mahasiswa mengidentifikasi dan mempelajari lembaga-lembaga kepemudaaan melalui pelibatan diri dalam kegiatan organisasi pemuda di desa. Bersama para pemuda desa, mahasiswa dapat mengembangkan organisasi pemuda yang ada agar dapat mengembangkan krativitas melalui organisasi pemuda yang ada.
• Kegiatan pemuda ini diharapkan dapat pula mempermudah mahasiswa dalam mengakses informasi baik mengenai kepemudaan di desa maupun mengenai hal-hal lain yang dibutuhkan.

10. Orientasi Aktivitas Keagamaan
• Mahasiswa melibatkan diri dalam berbagai kegiatan keagamaan yang diselenggarakan masyarakat, seperti kegiatan pengajian untuk ibu-ibu, bapak-bapak, maupun pemuda yang biasanya diselenggarakan secara terpisah.
• Kegiatan keagamaan ini biasanya cukup efektif untuk digunakan sebagai media dalam mensosialisasikan berbagai program kepada masyarakat, sehingga sangat efektif pula bagi mahasiswa untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. Kegiatan pengajian ini biasanya dipimpin oleh oleh seorang tokoh agama.

11. Orientasi Pranata Keagamaan (Pengajian, DKM)
• Berkaitan dengan kegiatan keagamaan, dalam masyarakat tumbuh bebagai lembaga yang dibentuk untuk mendukung kegiatan keagaam tersebut. Lembaga tersebut dapat berada sebagai bagian dari mesjid, seperti DKM, Remaja Mesjid, mapun di luar lembaga mesjid.
• Mahasiswa mengidentifikasi keberadaan lembaga-lembaga tersebut dan kegiatan-kegiatannya serta pengaruhnya terhadap kegiatan keagaman dalam masyarakat serta aspek kehidupan masyarakat lainnya secara keseluruhan.

12. Orientasi Sosial Budaya Masyarakat
• Mahasiswa melibatkan diri dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan serta mempelajari kondisi sosial budaya masyarakat yang berupa kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat, kesenian daerah yang tumbuh dalam masyarakat.
• Berbagai aspek sosial budaya masyarakat ini tumbuh menjadi penopang bagi masyarakat dalam mempertahankan keberadaannya, memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat, dan menjaga adanya ketertiban dan keteraturan dalam kehidupan masyarakat.

13. Orientasi Pranata Sosial Budaya (Gotong Royong, Arisan, Kesenian, Pariwisata)
• Selama hidup dalam masyarakat di lokasi KKN, mahasiswa merasakan sendiri keberadaan pranata sosial budaya yang tumbuh dalam masyarakat baik berupa norma-norma, kesenian, maupun berbentuk lembaga formal.
• Mahasiswa mengidentifikasi pranata sosial budaya yang tumbuh dalam masyarakat serta dpat terus dikembangan untuk kehudpan masyarakat.
14. Kristalisasi masalah dan potensi desa
• Mahasiswa bersama masyarakat melakukan kristalisasi masalah sehingga dapat dirumuskan permasalahan pokok yang sebenarnya terdapat di daerah tersebut.
• Mahasiswa bersama masyarakat melihat keterkaitan antara masalah pokok yang teridentifikasi dengan potensi yang dimiliki masyarakat dapat menentukan potensi yang dapat dioptimalkan untuk mengatasi masalah tersebut.
• Berdasarkan potensi yang dimiliki, dibuat peringkat untuk menentukan prioritas penyelesaian masalah. Penentuan prioritas ini dilakukan terhadap prioritas masalah dalam masyarakat secara keseluruhan dan ditetapkan juga prioritas masalah yang berkaitan dengan program PKM dari DPL.
• Tujuan: untuk melihat secara lebih rinci peta permasalahan sehingga memperkaya pemahaman dalam membuat solusi yang layak untuk diterapkan serta membuat peringkat melalui penilaian terhadap kegiatan usaha berdasarkan manfaat, ketersediaan potensi, serta hambatan-hambatan yang ada.
Sumber keterampilan: Teknik Pengorganisasian Masalah, Teknik Pembuatan Bagan Peringkat.

15. Pembuatan Blog
• Mahasiswa mendisain blog yang akan dibuat untuk menyajikan berbagai informasi mengenai desa lokasi KKN. Disain blog dibuat semenarik mungkin, namun mudah untuk dikelola oleh masyarakat yang akan melanjutkan pengelolaan blog tersebut.
• Dalam rangka pembuatan dan pengelolaan blog tersebut, maka mahasiswa harus mempersiapkan dan melibatkan warga masyarakat dan pemerintah desa yang akan mengelola blog selanjutnya.
• Informasi yang disajikan meliputi berbagai aspek sebagaimana yang terdapat dalam instrumen pemetaan sosial. Jenis informasi yang disajikan dapat disesuaikan dengan ketersediaan ruangan yang dapat disediakan dalam disain blog.
• Isi dari blog mencakup: informasi statis (gambaran kondisi wilayah desa yang dapat terus di-update) dan informasi dinamis (aktivitas kemasyarakatan dalam bentuk berbagai kegiatan)
• Sebelum melakukan posting, mahasiswa harus mendapatkan ijin dan pernyataan tertulis dari kepala desa yang menyatakan mengijinkan untuk memuat berbagai informasi mengenai desa di dalam blog desa.
• Tujuan: menyajikan informasi mengenai kondisi desa secara online untuk menyampaikan informasi kepada berbagai pihak yang ingin mengetahui kondisi desa tersebut, memberitakan dinamika kegiatan kemasyarakatan di desa, serta mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki desa tersebut.
Sumber keterampilan: Pembuatan blog

16. Stabilisasi
• Kegiatan stabilisasi ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa perubahan yang terjadi dalam masyarakat sebagai akibat dari kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN tidak mengganggu kehidupan masyarakat.
• Stabilisasi ini dilakukan sebagai tanda berakhirnya kegiatan KKN, namun Tim PKM dosen masih akan melakukan kegiatan PKM sesuai dengan rencana program PKM. Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan bahwa kondisi masyarakat tetap kondusif untuk keberlanjutan program.
• Dalam tahap stabilisasi ini dilakukan pula penyampaian kegiatan yang sudah dilakukan selama KKN dan pencapaian hasilnya kepada pihak aparat desa, dengan harapan akan dapat ditindaklanjuti secara mandiri oleh masyarakat.
• Mahasiswa berpamitan secara formal kepada masyarakat sebagai bentuk penghormatan dan rasa terima kasih.

Catatan:
Diantara rangkaian kegiatan pokok di atas, mahasiswa dapat mengembangkan kegiatan bersama masyarakat yang dinilai perlu dan mendukung kegiatan PKM dosen.

Tahap Pasca Lapangan
• Penulisan Laporan
• Mahasiswa menyusun laporan KKN dan mengkonsultasikannya kepada DPL, sehingga secara materi dapat dinilai layak oleh DPL sebagai laporan KKNM-PPMD Integratif.
• Laporan KKN disusun berdasarkan catatan kegiatan mahasiswa selama pelaksanaan KKN. Oleh karena itu, setiap mahasiswa harus melakukan pencatatan dan pendokumentasian yang baik mengenai aktivitas individu dan kelompok pada kegiatan KKN.
• Penyerahan Laporan
• Laporan KKN diserahkan kepada Pusbang KKNM LPPM melalui DPL masing-masing selambat-lambatnya 2 (dua) minggu setelah kegiatan KKN selesai.
• Sebaiknya penulisan laporan KKN sudah mulai dikerjakan sejak masih berada di desa.

Materi 1 Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa

FREE SAMPLE MUSIC, JUST CLICK WHAT YOU WANT



KONSEPSI KULIAH KERJA NYATA MAHASISWA (KKNM)

1.1. Latar Belakang, Falsafah, Arti dan Tujuan KKNM

1. Latar Belakang
Pelaksanaan kegiatan kuliah kerja nyata mahasiswa Universitas Padjadjaran bertitik tolak pada landasan pemikiran bahwa Unpad merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. Sejalan dengan dinamika kemajuan masyarakat dan perubahan-perubahan dalam pembangunan, maka pelaksanaan KKNM senantiasa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat serta visi dan misi Unpad.
KKNM merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didalamnya telah terpadu dengan dua darma lainnya dari tridharma perguruan tinggi, yaitu darma pendidikan dan penelitian. KKNM sebagai kegiatan intrakurikuler dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program S1 Unpad dengan bimbingan oleh unsur-unsur terkait di lingkungan Unpad dan pejabat di wilayah kerja KKNM.
Program KKNM yang dipersiapkan Unpad, menuntut adanya peningkatan dalam kualitas dan dalam pelaksanaannya dilakukan secara interdisiplin serta harus bermanfaat bagi masyarakat.

2. Falsafah

KKNM adalah bagian integral dari proses pendidikan yang mempunyai ciri-ciri khusus, serta mengandung sekurang-kurangnya 5 (lima) aspek yang fundamental dan berwawasan filosofis yang satu sama lainnya tidak dapat dipisahkan, yaitu :
1) Keterpaduan Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi
2) Pendekatan Interdisipliner dan Komprehensif
3) Lintas Sektoral
4) Dimensi Yang Luas dan Pragmatis
5) Keterlibatan Anggota Masyarakat Secara Aktif

3. Pengertian dan Tujuan

KKNM adalah suatu media pembelajaran mahasiswa di tengah-tengah masyarakat di luar kampus yang bermuatan Tri Darma Perguruan Tinggi yang relevan dengan proses pembangunan menuju masyarakat gemar belajar dan membangun. Secara eksplisit, KKNM mempunyai tujuan sebagai berikut :
a. Memberikan pengalaman pembelajaran langsung kepada mahasiswa sebagai agen pembaharu di masyarakat.
b. Meningkatkan kepribadian serta penambahan wawasan kepada mahasiswa tentang pembangunan masyarakat
c. Membantu meningkatkan laju pembangunan masyarakat dengan menumbuhkan motivasi
d. Mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat dan meningkatkan kerjasama dengan stakeholder pembangunan lainnya.


4. Sasaran

KKNM mempunyai tiga kelompok sasaran, yaitu mahasiswa, masyarakat dan pemerintah daerah serta perguruan tinggi.

a. Mahasiswa

1. Memperdalam pengertian tentang cara berpikir dan bekerja secara interdisipliner agar dapat menghayati adanya keterkaitan dan kerjasama antar sektor.
2. Memperdalam pengertian dan penghayatan tentang manfaat Iptek, Agama dan Seni bagi pelaksanaan pembangunan
3. Memperdalam pengertian dan penghayatan terhadap berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan.
4. Membentuk kader penerus pembangunan demi kelanjutan pembangunan itu sendiri
5. Memperoleh manfaat dari bantuan yang diberikan dalam pelaksanaan program pembangunan

b. Masyarakat dan Pemda

1) Memperoleh bantuan tenaga dan pikiran dalam bidang Iptek, Agama dan Seni dalam perencanaan pelaksanaan pembangunan
2) Memperoleh cara-cara baru yang diperlukan untuk merencanakan, merumuskan dan melaksanakan pembangunan.
3) Memperoleh pengalaman dalam menggali dan menumbuhkan potensi swadaya masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan
4) Mendapatkan kader-kader penerus pembangunan di masyarakat
5) Memperoleh manfaat dari bantuan yang diberikan mahasiswa dalam pelaksanaan program pembangunan di daerahnya.

c. Perguruan Tinggi

1) Memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian mahasiswa dalam proses pembangunan
2) Memperoleh masukan kasus yang dapat digunakan dalam kegiatan akademis di kampus.
3) Melalui kegiatan, mahasiswa dapat menelaah dan merumuskan kondisi nyata masyarakat bagi pengembangan Iptek dan Seni serta mendiagnosa kebutuhan masyarakat.
4) Dengan rintisan mahasiswa yang ber-KKNM perguruan tinggi dapat meningkatkan, mengembangkan dan memperluas kerja sama dengan instansi dan departemen lain.




5. Arah

Sesuai dengan sasaran dan tujuan di atas, pelaksanaan KKNM diarahkan kepada:
1) Penyiapan program dan pelaksanaan KKNM yang dapat mendukung dihasilkannya sarjana yang siap menghadapi berbagai kebutuhan masyarakat dalam pembangunan
2) Penempatan mahasiswa di lokasi KKNM yang mempunyai masalah yang sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.
3) Pengembangan kemampuan mahasiswa dalam bekerja secara terpadu antar bidang keahlian

6. Fungsi

a. Fungsi Pembelajaran
KKNM merupakan ajang atau kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar mendekatkan diri dengan masyarakat dan belajar mengidentifikasi permasalahan dengan mencari beberapa alternatif kemungkinan pemecahan masalah yang ditemukan selama KKNM berlangsung.

b. KKNM pada dasarnya merupakan wujud aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang pada prakteknya memotivasi masyarakat ke arah peningkatan berswadaya gotong-royong, self planning, self action, self evaluation dalam upaya pembangunan daerahnya/desa/kelurahannya.

Wednesday, December 15, 2010

My Chemical Romance - Bulletproof Heart Lyrics

Gravity
Don't mean too much to me
I'm who I've got to be
These pigs are after me
After you
Run away
Like it was yesterday
And we could run away
If we could run away
Run away from here
I've got a bulletproof heart
You got a hollow point smile
Me and your runaway scars
Got a photograph
Dream on the getaway mile
Let's blow a hole in this town
Too much talking with a laser beam
Gunnin' out of this place
In a bullet's embrace
Then we'll do it again
How can they say
Jenny could you come back home
Cause everybody knows you don't
Ever wanna come back
Let me be the one to save you
Gravity
Don't mean too much to me
I'm who I've got to be
These pigs are after me
After you
Run away
Like it was yesterday
When we could run away
When we could run away
Run away from here
I'm shooting out of this room
Because I sure don't like the company
Stop your preaching right there
Cause I really don' t care
And I'll do it again
So get me out of my head
Cause it's getting quite cramped you know
Coming ready or not
When the motor gets hot
We can do it again



The papers say
Johnny won't you come back home
Cause everybody knows you don't
Want to give yourself up
Tell the truth and God will save you
Gravity
Don't mean too much to me
I'm who I've got to be
These pigs are after me
After you
Run away
Like it was yesterday
When we could run away
When we could run away
Run away from here
And though I know
How much you hate this
Are you gonna be the one to save us
From the black
And hopeless feeling
Will you mean it when the end comes reeling
Hold your heart
Into this darkness
Will it ever be the light to shine you out
Or fail and leave you stranded
I ain't gonna be the one left standing
You ain't gonna be the one left standing
We ain't gonna be the ones left standing
Gravity
Don't mean too much to me
Is this our destiny
This world is after me
After you
Run away
Like it was yesterday
And we could run away
Run away
Run away from here
Yeah
Away from here
Away from here

My Chemical Romance - Na na na Lyrics

The future is bulletproof
The aftermath is secondary
It's time to do it now and do it loud
KIlljoys make some noise!

(Na Na Na...)

Drugs
Gimme drugs
Gimme drugs
I don't need it
But I'll sell what you got
Take the cash
And I'll keep it
Eight legs to the wall
Hit the gas
Kill 'em all
And we crawl
And we crawl
And we crawl
You be my detonator

Love
Gimme love
Gimme love
I don't need it
But I'll take what I want
From your heart
And I'll keep it
In a bag
In a box
Put an X on the floor
Gimme more
Gimme more
Gimme more
Shut up and sing it with me

(Na Na Na...)

From mall security
(Na na na...)
To every enemy
(Na na na...)
We're on your property
Standing in V formation

(Na Na Na...)

Let's Blow an artery
(Na na na...)
Eat plastic surgery
(Na na na...)
Keep your apology
Give us more detonation

(More! Gimme more! Gimme more!)

Oh, let me tell ya 'bout the sad man
Shut up and let me see your jazz hands
Remember when you were a madman
Thought you was BATMAN!!!
and hit the party with a gas can
(From: http://www.elyrics.net/read/m/my-chemical-romance-lyrics/na-na-na-lyrics.html)
Kiss me you animal

(Na Na Na...)

You run the company
(Na na na...)
Fuck like a kennedy
(Na na na...)
I think we'd rather be
Burning your information

Let's blow an artery
(Na na na...)
Eat plastic surgery
(Na na na...)
Keep your apology
Give us more detonation

And right here
Right now
All the way in Battery City
The Little children
Raised their open filthy palms
Like tiny daggers up to heaven
And all the juvee halls
And the Ritalin rats
Ask angels made from neon and fucking garbage
Scream out "What will save us?"
And the sky opened up

Everybody wants to change the world
Everybody wants to change the world
But no one,
No one wants to die
Wanna try, wanna try, wanna try
Wanna try, wanna try, now
I'll be your detonator

(Guitar solo)

(Na Na Na...)

Make no apology
It's Death or Victory
On my authority
Crash and burn
Young and loaded

Drop like a bulletshell
Dress like a sleeper cell
I'd rather go to hell
Then be in purgatory
Cut my hair
Gag and bore me
Pull this pin
Let this world explode

all american reject - straitjacket feeling

Back me down from backing up
Hold your breath now it's stacking up
Etched with marks, but I can deal
And you're the problem and you can't feel
Try this on, straightjacket feeling
so maybe I won't be alone
Take back now, my life you're stealing

Yesterday was hell but
Today I'm fine without you
Runaway this time without you
And all I ever thought you'd be,
That face is staring holes in me again

Trust you is just one defense
Off a list of others, you don't make sense
Beg me time and time again
to take you back now, but you can't win
Take back now, my life you're stealing

Yesterday was hell
Today I'm fine without you
Runaway this time without you
And all I ever thought you'd be
That face is tearing holes in me,

but today I'm fine without you
Runaway this time without you
And all the things you put me through
I'm holding on by letting go of you

And when that memory slips away
There'll be a better view from here
And only lonesome you remains
and just the thought of you I fear
grip falls away

Yesterday was hell
Today I'm fine without you
Runaway this time without you
And all I ever thought you'd be
That face is tearing holes in me,

but today I'm fine without you
Runaway this time without you
And all the things you put me through
I'm holding on by letting go of you

Friday, December 10, 2010

indoleaks

jam 9 malam saya tulis postingan ini di wisma unpad.
di kaskus saya liat pada ngomongin wikileaks.. trs pas cari tau wikileaks itu apa.. trnyata situs bhsa inggris advance.. misal tentang membongkar rahasia2 dunia. bnyk istilah yg sy ga ngerti. misal tentang penyerangan iraq yang banyak kejanggalan, dll

trus saya nemu indoleaks yg beberapa jam kebelakang ini sedang hangat di bicarain di twitter.

saya liat di situs nya www.indoleaks.org katanya, orang2 indoleaks ini mempunyai dokumen2 rahasia tentang bangsa indonesia. diantaranya adalah ternyata lumpur lapindo itu bukan bencana alam! saya juga ga tau valid atau engga nya informasi ini. pgn baca, tp bahasa inggris nya tingkat tinggi. mungkin nanti saya pelajari dulu. tapi ambil positif nya aja, smoga klo berita ini benar. orang2 jahat yg bertopeng bisa cepat2 di adili.

Basic of Fat Loss / Dasar menurunkan, menghilangkan lemak

Ada 2 kunci utama supaya badan lebih efisien dalam membakar cadangan lemak dalam badan:

1. DEFISIT KALORI YANG MASUK

Lemak itu cadangan energi. Lemak baru digunakan saat badan merasa tidak mendapat cukup energi untuk mendukung kegiatan sehari-harinya. Maka dari itu kalori yang masuk pada saat cutting hendaknya lebih sedikit daripada kalori yang digunakan.

Menentukan seberapa besar defisit kalori yang optimal untuk fat loss juga tidak sembarangan. Defisit terlalu kecil maka proses fat loss akan terlalu lambat. Defisit terlalu besar badan malah akan masuk ke "starvation mode" atau kadang disebut sebagai "survival mode" dimana defisit kalori terlalu besar untuk jangka waktu lama membuat badan mengira bahwa anda sedang dalam musim paceklik, susah cari makan, dan belum tentu besok bisa makan. Akibatnya metabolisme badan menjadi lebih lambat untuk menghemat energi dan proses pemecahan lemak menjadi energi dibatasi untuk antisipasi situasi kelaparan yang mungkin masih berlangsung lama.

Untungnya seberapa besar defisit kalori yang optimal untuk fat loss sudah sering diteliti dan kita tinggal baca kesimpulannya saja:
Defisit kalori cukup 500kal dari total rekomendasi asupan kalori harian kita.

Patokan ini sesuai untuk orang yg memiliki badan "rata-rata". Untuk yang berbadan ekstrim atau sudah secara klinis masuk ke kategori obesitas 500kal menjadi tidak sesuai dan menggunakan patokan defisit kalori 20% dari total rekomendasi asupan kalori harian kita.

Misalkan saya orang rata-rata dengan kebutuhan kalori 2500kal/hari.
maka kebutuhan kalori harian saya untuk cutting menjadi 2500kal - 500 = 2000kal.
Kita lihat apakah ada bedanya bila saya menggunakan patokan 20%:
2500kal - (20% x 2500kal) = 2500kal - 500kal = 2000kal
Sama saja kan!

Sekarang tinggal defisit kalori yang seperti apa yg dibutuhkan.
Apakah yang dikurangi semuanya atau cukup beberapa hal saja.

Bila bicara soal diet dan makanan secara umum kita langsung membahas tentang makronutrien. Apa itu makronutrien silakan baca wikipedia tapi yg jelas makronutrien ada 3: karbo, protein, dan lemak. Fungsi masing2 makronutrien? Baca wikipedia lagi ya

Biasanya kita langsung dibombardir oleh member2 fitness yg lebih senior dengan kata-kata "kurangi karbohidratnya, tambah proteinnya!" Why?
(Orang Indonesia paling bingung kalo disuruh mengurangi karbohidrat dari nasi. Makan apa nantinya? )

Karbo harus dikurangi karena asupan karbo memancing sekresi hormon insulin dalam jumlah besar yang walaupun sangat diperlukan untuk transportasi nutrisi ke dalam sel tubuh tapi juga sangat berpengaruh dalam membuat badan masuk ke dalam "fat storing mode."
secara singkat:
karbo masuk --- gula darah naik --- insulin naik --- badan masuk fat storing mode bila karbo yg masuk berlebihan.

Protein di lain pihak menghasilkan jumlah energi yang sama dengan karbo (1g karbo =1g protein = 4kal) tapi tidak terlalu memancing sekresei insulin. Maka dari itu resiko menjadi lemak bertambah dari protein lebih kecil.

Tetapi bila karbo dikurangi maka totak kalori masuk jadi berkurang dong. Nanti jadi starvation mode?
Itu sebabnya saat karbo dikurangi protein ditambah untuk mencukupi kebutuhan energinya.

Untuk mempermudah perencanaan diet mari kita buat perbandingan makronutriennya (karbo : protein : lemak)
Perbandingan makronutrien untuk fat loss biasanya sekitar 50:30:20 (cocok buat yg baru pertama kali mengubah pola makan), 40:40:20 (umum dipakai fitnesmania serius) atau 30:50:20 (lumayan ekstrim, biasanya buat persiapan kontes)

Yang terakhir adalah frekuensi makan.
3x sehari itu untuk orang biasa, 4x sehari buat yg baru mencoba mengubah pola makan, 5-6x untuk optimalnya. Bagi jarak waktu antar makan serata mungkin.

Saya kan pingin bakar lemak biar kurus, kenapa malah makan lebih sering?

Semakin sering frekuensi makan badan jadi mengira bahwa supply makanan lancar dan tidak ada alasan untuk menyimpan cadangan energi dalam bentuk lemak. Selain itu bila tiap 3 jam makan berarti organ pencernaan senantiasa bekerja mencerna makanan dan mencerna makanan itu menggunakan energi.


2. PERBANYAK KALORI YANG DIBAKAR

Badan utk hidup saja sebenarnya juga membakar energi tapi energi yg dibakar utk sekedar hidup saja tidak cukup untuk mengikis cadangan lemak. Kecuali pekerjaan anda melibatkan banyak kerja fisik seperti petani atau buruh bangunan, maka olahraga menjadi satu-satunya cara untuk memperbanyak kalori yang dibakar tubuh.

Ada 2 macam olahraga yang umum dilakukan untuk menjamin program cutting yang efektif:

a. Latihan Beban

Tujuannya adalah untuk meningkatkan massa otot di badan. Bila massa otot bertambah maka jaringan yg perlu diberi makan dan dihidupi semakin banyak. Artinya badan membakar lebih banyak kalori bahkan pada saat tidak melakukan apa2. Bayangkan jumlah massa otot anda sebagai kapasitas ruang bakar kendaraan anda. Semakin besar cc sebuah mobil semakin boros bensin kan.

Latihan beban untuk cutting tidak ada bedanya dengan latihan beban seperti biasa. Jumlah repetisi sedang saja (+- 12x) dengan beban cukup. Repetisi tinggi (+20) dengan beban ringan untuk bakar lemak itu hanya mitos, kecuali anda mau menjadikan latihan beban sebagai sarana latihan cardio....

b. Cardiovascular Exercise (Cardio)

Cardio inilah kegiatan yg benar2 langsung bertujuan untuk menggunakan cadangan lemak untuk dibakar jadi energi. Jarang sekali ada orang yang bisa mencapai tujuannya untuk mengurangi kadar lemak tubuh tanpa melakukan cardio.

Untuk singkatnya ciri cardio exercise adalah jumlah repetisinya tak terhingga.
Jenis2 cardio exercise antara lain jalan/lari, renang, dan bersepeda berikut semua variasinya yang menggunakan "lingkungan sintetis" seperti menggunakan treadmill, sepeda statis, cross trainer, stepper, dsb.
Kita tidak pernah menghitung berapa kali melangkahkan kaki saat jogging kan?

Saat melakukan cardio untuk fatloss kita tidak perlu peduli dengan speed di tradmill atau berapa level inclinenya. Yg perlu diperhatikan hanyalah denyut jantung (Heart Rate) dan durasi atau seberapa lama cardio tersebut dilakukan.

Target Heart Rate (HR) yg dituju adalah 65-75% MHR (Maximum Heart Rate).
Range HR antara 65-75% MHR telah banyak dibuktikan benar2 menggunakan lemak sebagai sumber energi, bukan dari glikogen dan bukan pula dari protein otot. Indahnya lagi 65-75% MHR kurang lebih intensitasnya hanya seperti saat jalan cepat. Jadi jangan khawatir tidak kuat lari dan lain sebagainya. Melakukan cardio dengan HR sebesar 65-75% MHR sering disebut juga "Steady State Moderate Intensity Cardio Exercise"

Durasi cardio yang dituju adalah antara 30-60 menit. Untuk amannya saya rekomendasikan 45 menit.
Mengapa antara 30-60 menit? Karena kurang dari 30 menit badan masih menggunakan glikogen (gula darah) sebagai energi. Sesudah glikogen habis di sekitar menit ke-25 s/d 30 baru kemudian lemak digunakan sebagai sumber energi. Di atas 60 menit, well...pertama-tama anda beresiko kelaparan dan badan bisa saja masuk ke starvation mode. Kedua...siapa sih yang mau cardio lebih dari 1 jam?

Kapan sebaiknya melakukan cardio. Kapan saja sebenarnya. Pagi, siang, sore, malam tidak ada masalah. Tapi ada2 saat dimana cardio untuk fat burning menjadi lebih efisien:
- Sesudah bangun tidur di pagi hari karena level glikogen dalam badan rendah setelah "puasa" saat tidur selama +- 8 jam. Ini disebut "empty stomach cardio."
- Sesudah latihan beban karena saat latihan beban kita menggunakan mayoritas glikogen kita untuk energi.

Ada cara lain melakukan cardio untuk fat loss yang mulai populer beberapa tahun ini yaitu High Intensity Interval Training (HIIT). Karena tingginya intensitas HIIT maka sesi cardio bisa dipangkas menjadi sekitar 30 menit.

Mana yang paling efektif bakar lemak untuk anda? Tidak ada jawaban pasti. Semua orang memiliki badan yang berbeda merespon secara berbeda pula. Satu-satunya cara untuk menetahui mana yang terbaik untuk anda adalah dengan mencobanya satu-satu dan membandingkan sendiri hasilnya.

Keep Pumping!

sumber

Muscle Name / Nama Otot


0 - Deltoideus, posterior part (Deltoïdus) Fibers located at the back of the shoulder (side back)
1 - Trapezius, superior part (Trapezius) Higher Extremity of the spinal column (above the 4th vertebra)
2 - Trapezius, middle part (Trapezius) High of the spinal column (between 4th and 9th vertebra)
3 - Trapezius, inferior part (Trapezius) Medium of the spinal column (9th with 12th vertebra)
4 - Teres major and minor (Terres major & Terres minor)Terres major allows to gain in width, Terres minor rather in thickness
5 - Infraspinatus and Rhomboideus (Infraspinatus & Rhomboideus) Both allow to gain in thickness and power
6 - Latissimus dorsi (Latissimus dorsi) Larger muscle of the back, which recovers most of its lower part
7 - Lumbar (Lumbar)
8 - Deltoideus, lateral part (Deltoïdus)
9 - Biceps brachii (Biceps brachii)
10 - Brachialis (Brachialis)
11 - Triceps brachii, lateral head (Triceps brachii)
12 - Triceps brachii, long head (Triceps brachii)
13 - Triceps brachii, medial head (Triceps brachii)
14 - Extensor muscles of the forearm (Extensor carpii & digitorum)
15 - Flexor muscles of the forearm (Flexor policis & digitorum)
16 - Deltoideus, anterior part (Deltoïdus)
17 - Coracobrachialis (Coracobrachialis)
18 - Pectoralis major, clavicular part (Pectoralis major)
19 - Pectoralis major, middle part (Pectoralis major)
20 - Pectoralis major, lower part (Pectoralis major)
21 - Serratus anterior (Serratus anterior)
22 - Rectus abdominis (Rectus abdominis)
23 - Obliquus externus abdominis (Obliquus externus abdominis)
24 - Gluteus maximus (Glutæus maximus)
25 - Gluteus medius (Glutæus medius )
26 - Adductors (Adductors (longus, brevis, magnus))
27 - Quadriceps femoris (Quadriceps femoris (Rectus femoris, Vastus lateralis, Vastus medialis, Vastus intermedius))
28 - Hamstrings (Biceps femoris)
29 - Gastrocnemius (Gastrocnemius)
30 - Soleus (Soleus)

sumber

SkyDrive


APA ITU SKYDRIVE???
Intinya adalah Storage Online.
Menyimpan, mengatur, dan download file, foto, dan favorit di server Windows Live, dan mengaksesnya dari komputer manapun dengan koneksi internet. Berbagi foto dan file yang Anda buat dengan teman-teman Anda, berkolaborasi pada dokumen, atau menampilkan foto dan file yang Anda buat untuk siapa pun pada jaringan Windows Live. Ketika Anda masuk ke situs web Windows Live SkyDrive dengan Windows Live ID, Anda mendapatkan:
1. Storage. Menyimpan hingga 25 gigabyte (GB) foto dan file. Meter penyimpanan SkyDrive menunjukkan berapa banyak ruang penyimpanan yang Anda gunakan.
2. Organization. Anda Atur file dalam top-level folder dan subfolder yang Anda buat.
3. Control. Pilih hak akses untuk setiap folder top-level yang Anda buat. Jauhkan foto, file, dan favorit dalam folder pribadi sehingga Anda dapat menjaga mereka secara pribadi, dalam shared folder sehingga Anda dapat berbagi dengan Anda jaringan Windows Live, jaringan diperpanjang Anda, dan orang-orang pada daftar kontak Anda, atau dalam folder publik sehingga mereka dapat dilihat oleh siapapun di Internet.

4. Fleksibility. Upload foto apapun atau file hingga ukuran 50 megabyte (MB), dan memindahkan, menyalin, menghapus, mengubah nama, dan ada keterangan foto dan file setelah Anda upload.
5. Display. Foto yang disimpan sebagai jenis file JPG, JPEG, GIF, BMP, PNG, TIF, dan TIFF tampilan dengan gambar thumbnail, dan dapat dilihat oleh pengguna lain pada SkyDrive atau dalam tampilan slide online, jika mereka memiliki hak akses yang benar untuk melihatnya .
6. Share. Berbagi link langsung ke folder, file, dan foto, atau menanamkan foto dan file dalam blog atau halaman Web. Anda juga bisa membiarkan orang tahu bahwa Anda telah menambahkan foto mereka ke SkyDrive dengan menambahkan tag orang.

Ketika Anda meng-upload foto atau file, menambahkan komentar, dan melakukan tindakan lainnya dalam SkyDrive, Windows Live menambahkan tindakan-tindakan untuk Anda apa daftar baru di situs web SkyDrive, sehingga Anda dan orang-orang lain dalam jaringan Anda Windows Live dapat tetap up to date dengan apa yang Anda masing-masing lakukan.

Microsoft mungkin membatasi jumlah file yang setiap pengguna dapat meng-upload ke SkyDrive setiap bulan.

Wednesday, December 8, 2010

Cara membuat web dengan drupal

Original Author: milham

Sebelumnya, Untuk server Apache+my sql pada tutorial ini mempergunakan XAMPP. Bagi anda yang belum menginstal XAMPP dan ingin tau caranya silahkan GOOGLING.

1. Download FIle drupal

Pastikan drupal anda adalah yang terbaru, karena selalu ada security update yang disertakan pada drupal yang terbaru. jika anda belum punya, silahkan download di sini. Perhatikan bahwa saya menggunakan Drupal versi 6.12. Hal ini aka berpengaruh ketika anda hendak menambah module (add ons), karena drupal versi 5.xx atau kebawahnya, dan 7.x.x tidak akan sesuai (dan sebaliknya).

2. Upload file

Setelah itu upload file pada directory: C:/Program Files/xampp/htdocs (directory bergantung dimana anda menginstall XAMPP, yang jelas, selalu letakkan file di dalam folder htdocs). Saya memberi nama folder itu myweb

3. Buka browser anda

Buka internet browser Anda, lalu ketikkan localhost/myweb.

Maka akan muncul:

Pilih install Drupal in english

Ups… nampaknya kita memiliki problems :)

Tapi jangan kuatir, disana ada petunjuknya kok.

Inti masalahnya adalah file yang seharusnya bernama settings.php masih memiliki nama default.settings.php.
Buka C:\Program Files\xampp\htdocs\myweb\sites\default.
Ternyata disinilah File itu berada.

Kopi file default.settings.php lalu paste. Lalu rename salah satunya menjadi settings.php

Refresh browser, maka tampilannya akan menjadi:


Maka untuk form diatas:
1. Pilih mysqli
2. Database name: drupal
3. Database username: root
4. Database password: (dikosongkan)
5. Klik save and continue


sebelum di save and continue, kita harus membuat database dengan phpmyadmin.

Anda bisa mengakses PHPMYADMIN lewat http://localhost/phpmyadmin

Pada kolom create new database, create drupal.

Saya rasa anda tidak perlu bantuan mengisinya kecuali bagian:

Selanjutnya, drupal akan meminta apakah anda akan menggunakan clean url atau tidak. Untuk mengaktifkan clean url ada beberapa settingan pada httpd.conf

Clean URL
Buka file httpd.conf pada directory c:\Program Files\xampp\apache\conf. Terlihat menyeramkan?
Anda hanya perlu mengubah sedikit saja. Cari kata: mod_rewrite, maka anda temukan:

Hilangkan tanda “#”nya menjadi

Setelah itu cari kata: Allowoverride, Pastikan posisinya adalah All.

Selanjutnya, kita bisa mengkonfigurasi website kita. Mulai dengan membuat account yang nantinya kan menjadi super admin. Account ini akan memiliki hak akses paling tinggi. saya pilih superadmin saya adalah myweb

Setelah di next, maka ini adalah halaman pertama website drupal yang sudah anda instal. jika anda mulai memposting, tulisan ini akan hilang dengan sendirinya…