Saturday, January 5, 2013

Penemuan yang asal di Klaim

Saya tergelitik dengan acara di trans TV (Mozaiq Islam) pada hari Sabtu, 5 Januari 2013 ada beberapa penemuan yang diklaim "katanya sebenarnya" penemunya adalah seorang muslim.

Saya mengerti kalo tujuan acara ini adalah untuk menambah keimanan muslim, tapi jangan pakai informasi palsu dong, soalnya bikin malu orang muslim juga kalo ketahuan asal klaim.

Sebelum membaca artikel ini, hal yang perlu diketahui adalah Nabi muhammad, pembawa Ajaran Islam, lahir pada tahun 530 Masehi, dan diyakini menjadi Nabi/Rasul umat Islam pada tahun 632 Masehi. http://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad

Mesin Terbang

Abbas ibn Firnas adalah orang pertama yang mencoba membuat konstruksi sebuah pesawat terbang dan menerbangkannya. Di abad ke-9 dia mendesain sebuah perangkat sayap dan secara khusus membentuk layaknya kostum burung. Dalam percobaannya yang terkenal di Cordoba Spanyol, Firnas terbang tinggi untuk beberapa saat sebelum kemudian jatuh ke tanah dan mematahkan tulang belakangnya. Desain yang dibuatnya secara tidak terduga menjadi inspirasi bagi seniman Italia Leonardo da Vinci ratusan tahun kemudian.
PADAHAL
Cina dan yunani telah menemukan asal muasal pesawat terbang ratusan tahun sebelum masehi. http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_aviation

Astrologi, Musik, Optik, Geografi

Katanya penemunya adalah seorang muslim.
PADAHAL
Penemu awalnya adalah seorang matematikawan yunani, Ptolemy. http://en.wikipedia.org/wiki/Ptolemy http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_optics

Kopi

Saat ini warga dunia meminum sajian khas tersebut tetapi, kopi pertama kali dibuat di Yaman pada sekitar abad ke-9. Pada awalnya kopi membantu kaum sufi tetap terjaga ibadah larut malam. Kemudian dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajat yang kemudian kopi disukai oleh seluruh kerajaan. Pada abad ke-13 kopi menyeberang ke Turki, tetapi baru pada abad ke-16 ketika kacang mulai direbus di Eropa, kopi dibawa ke Italia oleh pedagang Venesia.
 PADAHAL
http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_coffee It had been believed that Ethiopian ancestors of today's Oromo people were the first to have discovered and recognized the energizing effect of the coffee bean plant. The story of Kaldi, the 9th-century Ethiopian goatherd who discovered coffee, did not appear in writing until 1671 and is probably apocryphal. From Ethiopia, coffee was said to have spread to Egypt and Yemen.

Operasi Bedah

Sekitar tahun 1000, seorang dokter Al Zahrawi mempublikasikan 1500 halaman ensiklopedia berilustrasi tentang operasi bedah yang digunakan di Eropa sebagai referensi medis selama lebih dari 500 tahun. Diantara banyak penemu, Zahrawi yang menggunakan larutan usus kucing menjadi benang jahitan, sebelum menangani operasi kedua untuk memindahkan jahitan pada luka. Dia juga yang dilaporkan melakukan operasi caesar dan menciptakan sepasang alat jepit pembedahan.
PADAHAL
http://en.wikipedia.org/wiki/Caesarean_section
The name for the procedure is said to derive from a Roman legal code called "Lex Caesarea", which allegedly contained a law prescribing that the baby be cut out of its mother's womb in the case that she dies before giving birth. The derivation of the name is also often attributed to an ancient story, told in the first century A.D. by Pliny the Elder, which claims that an ancestor of Caesar was delivered in this manner.

Maaf jika pembahasannya kurang lengkap, silakan gunakan google :)

No comments:

Post a Comment