Saturday, July 7, 2012

Macet

Baru selesai bermacet macetan.
Kayanya macet di negeri ini udah ngetren dan dianggap wajar.
Jangankan ibu kota, Bandung - Cimahi aja udah sering macet.
Kenapa ya? Sampai kapan gini terus?

Berikut beberapa pemikiran saya :

1. Padat Penduduk
Dulu waktu SD saya masih inget ada pelajaran yang ngajarin Transmigrasi. Intinya sih pemerataan penduduk. Tapi praktek di lapangan nya mana ya? Yang ada malah pemadatan penduduk. Saya sama sekali ga pengen dan kalo bisa jangan hidup/kerja di Jakarta. Jakarta ntar makin penuh, haha. Bandung aja sekarang udah penuh sesak terus jadi panas, beda sama dulu. Kalo mau migrasi paling ke daerah yang ga terlalu padet penduduknya.

2. Padat Kendaraan
Perusahaan otomotif kayanya ga terlalu ambil pusing ya dengan situasi seperti ini. Mereka tetap saja menargetkan setiap bulan harus terjual sekian mobil dan sekian motor. Hal ini jadi pertimbangan saya untuk tidak melamar kerja di perusahaan otomotif. Abisnya mereka egois sih! Profit oriented. Sorry ya yosamara :D

3. Pemerintah
Pemerintah juga kayanya asik-asik aja dengan keadaan ini, gatau juga kalo mereka kongkalikong dengan perusahaan otomotif. Pemerintah seharusnya membatasi kepemilikan kendaraan bermotor di tiap keluarga. Jadi bisa mengendalikan pertumbuhan kendaraan bermotor gitu.

4. Pengguna Jalan
Ga sabaran, gamau ngasih jalan, pengen menang sendiri, pengen buru buru nyampe tujuan.
Tambahin sendiri aja yaa :D

==
Taun 2010 saya pernah ke Singapore, sekali-sekalinya saya keluar negeri haha, dibayarin pula. Keren abis lah, bikin pengen kesana lagi.
Walopun orang-orang nya keliatan individual, tapi mereka tertib, teratur, punya kesadaran dan berpendidikan. Berpendidikan bukan berarti sekolah tinggi lho yaa.. Pendidikan beda sama sekolah, ada lho yang sekolah tapi ga berpendidikan.
Balik lagi ke Spore, disana polisi lalu lintas sangat amat jarang. Selama 3 hari disana, saya baru liat 1 polisi lalu lintas. Haha. Tapi kok bisa ya tertib gitu? Bayangin kalo di Indonesia (Bandung deh), mungkin stuck dimana mana kali yaa haha, ga bisa pulang. Disana motor pun jarang, angkutan umum ga berenti sembarangan, berentinya selalu di halte klo mau naikin atau nurunin penumpang. Ga kaya di Indo, bisa nyegat bis/angkot di pinggir jalan manapun. Disana ada MRT pula. Kereta bawah tanah.

Ngutip dari kata-kata gitaris saya  "Rugi ya bro kita lahir di Indo"
Pilih realistis atau nasionalis? :D

dimasind

No comments:

Post a Comment