Sunday, April 10, 2011

Tips Trik Cerita Pangandaran Part 1

Akhirnya jadi juga acara ke pangandaran bareng asisten, sayang yg ikut ga fullteam. Tapi gpp cukup rame kok. Dari perjalanan kemaren saya mau kasi tips buat yang mau backpacker ke pangandaran. Mending saya jabarin dulu ya dari awal. Kami berangkat dari bandung naik bis budiman jam setengah 6an di pangkalan jalan suci (terusannya), trus kira2 klo di pangkalan rancaekek jam setengah 7an. Trus bis berangkat jam 7an.

Bis nya kemaren kami dapet yang tanpa AC, cukup nyaman sih, ga panas, soal nya ga penuh kali ya.. Oiya tarif bis nya 34000 Pangandaran - Bandung.
Kami nyampe pangandaran siang jam setengah 1an, alhamdulilah di jalan lancar.. nah sampe sana kita langsung di tawarin sama abang2 becak yang baik hati (karena ada maunya). Nah ini dia yang bener2 saya jadiin pengalaman, mereka ternyata nganter kita ke tempat penginapan, trs minta upah ke tempat penginapan itu, dan yang punya tempat penginapan itu naekin harga penginapan nya dengan alasan utk membayar upah para becak.. Licik kan? Solusi nya gimana jadi? Klo kemaren sih kita mikir, dan dapet ide kita ke mesjid aja dulu, skalian solat dzuhur, nah pas tukang2 becak keparat nya udah pergi, kita balik lagi ke penginapan yang harganya cocok tadi. Tapi ternyata mereka nungguin dong.

Ya udah kita tegasin aja, kita mau nyari penginapan sendiri, ga butuh bantuan, kita udah gede. Haha. Jadi kita muter2 dulu skalian nyari kali aja ada tempat yang lebih enak lokasi dan harganya. Sebenarnya yang aneh tuh kenapa di Pangandaran ga ada angkutan umum.. Apalagi kalo siang2, panas banget, kebayang kalo jalan panas2an trus bawa2 barang segambreng. Bisa jadi ide bisnis tuh.. hmm..

Jadi gimana yah, serba salah juga sih mau naik becak apa ngga, pas nyampe terminal.. Klo mau sih gitu, naik becak trs bilang mau ke mesjid, atau bilang mau langsung ke pantai. Trs ajak tukang becak nya naik perahu, trus ceburin dia di laut lepas. Trus tinggalin. (Sebelumnya harus kongkalikong dengan tukang perahu dulu, sogok dengan uang, uang nya bakal tergantikan dengan becak yang bisa anda jual jika tukang nya sudah lenyap).

Trus yang mesti di garis bawahi apakah mental2 dan pemikiran para tukang becak di tempat wisata seperti itu? Nyari duit dengan menipu orang yang masih hijau? Apakah orang indonesia seperti ini? Bayangkan jika terjadi pada orang bule? Bagaimana pandangan orang bule ke masyarakat indonesia setelah mengalami hal seperti ini? Saya mendapat pengalaman yang sama saat saya ke jogja.. Tunggu postingan saya saat ke jogja yaa..

Setelah berhasil mengelabui para tukang becak yang terkutuk itu, kami pun istirahat dengan tentram di penginapan. Kami menyewa Bungalow yang 1 malam nya 350ribu di bagi 11 orang. Cukup enak, di depan pantai, 2 kamar ber AC, ada ruang keluarga nya, kamar mandi 2, harganya juga pas deh di kantong mahasiswa bingung seperti kami. Sore nya kita ke pantai, tawa riang canda menghiasi sore itu. wakakakak. (Ngakak saya nulisnya).

Setelah membilas diri sehabis dari pantai, kita lalu bersiap untuk makan malam di daerah pantai timur, kata yos n path n fahmi disana ada resto seafood yang sudah pernah mereka kunjungi dan katanya enak. Kesana kita memakai sepeda yang double team.

Ternyata menggunakan sepeda ini adrenalin saya terpacu juga, hahaha. Apalagi jika di bonceng (sepeda urutan kedua). Ga tau kenapa. Mungkin karena saya tidak bisa mengendalikan stang nya, dan mempercayakan partner kita di depan untuk mengendalikan.

Pulang nya (setelah hampir nyasar dan terpisah dari rombongan) kita adain forum dan nangis2, seperti balita yang merengek minta di belikan balon dan parasut yang bisa terbang di langit. Engga deng, kita ngadain forum dan cerita unek2 trus nyari solusi bareng2.

Abis itu tidur.. Bersambung ke Pangandaran Part 2

1 comment: